KULIAH UMUM PROGRAM MATCHING FUND TAHUN 2023 “Pengelolaan Agrowisata Terpadu Berkelanjutan”

(Pekanbaru, 11 September 2023) Program Studi Usaha Perjalanan Wisata dan Program Studi Administrasi Bisnis mengadakan kuliah umum Program Matching Fund tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di gedung Laboratorium Pariwisata FISIP Universitas Riau pada hari Senin tanggal 11 September 2023. Program Matching Fund merupakan program pendanaan yang diberikan kepada insan perguruan tinggi dan dunia usaha dunia industri (DUDI) untuk berkolaborasi dalam menjawab tantangan di dalam dunia industri serta membentuk ekosistem Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Matching Fund ini dapat dimanfaatkan untuk riset pengembangan, inovasi, dan penerapan hasil penelitian di perguruan tinggi melalui pendanaan bersama pemerintah dan DUDI, membangun sinergi sharing pembiayaan riset dan pengembangan yang dilakukan perguruan tinggi dan DUDI.

Program Matchung Fund Tahun 2023 dengan tema “Pengelolaan Agrowisata Terpadu Berkelanjutan”. Agro wisata merupakan rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai obyek wisata, baik potensi berupa pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun kekhasan dan keanekaragaman aktivitas produksi dan teknologi pertanian serta budaya masyarakat petaninya.

Maka konsep dasar pengembangan agrowisata yaitu sebagai sarana rekreasi dan edukasi yang terdiri dari tiga konsep ruang yaitu Area Pelayanan Wisata, Area Wisata dan Area Penyangga.

Pengembangan agrowisata akan menciptakan lapangan pekerjaan, karena usaha ini dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat pedesaan, sehingga dapat menahan atau mengurangi arus urbanisasi yang semakin meningkat saat ini.

Agrowisata menjadi bentuk pariwisata yang strategis dalam perekonomian sekaligus pelestarian lingkungan. Di samping itu, agrowisata memiliki manfaat dalam pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, menjaga keseimbangan antara konsumsi dan produksi, serta memberantas kemiskinan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *